Kamis, 24 April 2014

STANDAR KOMPETENSI    :   Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
KOMPETENSI DASAR    :   Mengidentifikasi proses komunikasi
MATERI PEMBEAJARAN  
    Dasar-dasar komunikasi
     Lambang Komunikasi
    Teknik  Berbicara





DASAR-DASAR KOMUNIKASI







A.    Pengertian Komunikasi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terbitan Balai Pustaka, 2002, Komunikasi adalah:
a.    Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak.
b.    Perhubungan
Komunikasi menurut beberapa pakar:
1.    Everett M. Rogers (1955)
Komunikasi ialah proses yang di dalamnya terdapat suatu gagasan yang dikirim sari sumber kepada penerima dengan tujuan untuk merubah perilakunya.

2.    Edward Depari (1990)
Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan.
B.    Komponen Komunikasi
a.    Komunikator atau pengirim pesan
Komunikator ialah individu atau orang yang mengirim pesan. Seorang komunikator menciptakan pesan, untuk selanjutnya mengirimkan dengan saluran tertentu kepada orang atau pihak lain.

b.    Pesan atau Informasi
Pesan atau informasi, ada pula yang menyebut sebagai gagasan, ide, simbol, stimuli, maupun message, pada hakekatnya merupan sebuah komponen yang menjadi isi komunikasi. Pesan adalah informasi yang diciptakan komunikator dan akan dikirimkan kepada komunikan. Pesan lisan berupa percakapan, baik percakapan secara langsng maupun tidak langsung. Pesan non verbal ialah pesan isyarat, berupa isyarat gerak badan, ekspresi wajah, nada suara dll.

c.    Media atau Saluran
Media ialah suatu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari seorang komunikator kepada komunikan. Beberapa macam media, meliputi media cetak, audio, audio visual.

d.    Komunikan atau penerima
Komunikan sering juga disebut receiver, audience, sasaran. Komunikan adalah pihak penerima pesan. Tugas seorang komunikan ialah menerima pesan, dan menganalisis atau menafsirkan, sehingga dapat memahami makna pesan tersebut.

e.    Umpan balik atau feedback
Respon atau tanggpan dari seorang komunikan setelah mendapatkan terpaan pesan. Pesan yang diterima, dianalisis, ditafsirkan, oleh komunikan tentu akan mendorong komunikan itu untuk bereaksi.

f.    Gangguan atau noise
Gangguan komunikasi sering kali terjadi, baik gangguan yang bersifat teknis maupun semantis. 
C.    Bentuk Komunikasi

a)    Komunikasi intrapersona ( intrapersonal comunication)

Ialah proses komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri. Misal berpikir untuk memecahkan masalah pribadi,
b)    Komunikasi antarpersonal (interpersonal communication)
Ialah komunikasi antara seorang dengan orang lain, bisa berlangsung tatap muka maupun dengan bantuan media.

c)    Komunikasi kelompok (group commnication)
Ialah proses komunikasi yang berlangsung dalam suatu kelompok.

d)    Komunikasi massa (mass comunication)

Komunikasi yang melibatkan banyak orang. Komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa tetapi sebagian ahli lain berpendapat  bahwa komunikasi melalui media massa tidak harus menggunakan media massa.

D.    Sifat Kmunikasi

a.    Komunikasi tatap muka (face to face communication). Pihak-pihak yang berkomunikasi saling bertemu.
b.    Komunikasi bermedia (mediated commnication). Komunikasi mengunakan media, seperti telepon, surat, radio, dll.
c.    Komunikasi verbal . Komunikasi  dengan pesan yang dikirim berupa bentuk ungkapan, baik secara lisan maupun tulisan.
d.    Komunikasi non verbal. Komunikasi dengan pesan yang dikirim berupa non verbal atau bahasa isyarat,baik badaniyah (gestural) maupun isyarat gambar (pictoral).

E.    Teknik Komunikasi
a)    Komunikasi informatif, ialah teknik komunikasi dengan menyampaikan pesan secara berulang-ulang untuk memberikan informasi pada komunikan.
b)    Komunikasi persuasif, ialah komunikasi yang dilakukan dengan cara halus dan membujuk komunikan.
c)    Komunikasi instruktif/koersif, teknik komunikasi dengan  pemberlakuan pemaksaan dan sanksi dari komunikator pada komunikan.
d)    Hubungan manusiawi, ialah komunikasi yang memperhatikan nilai-nilai etis untuk menciptakan suasana atau komunikasi yang manusiawi.


Untuk melihat PPT

Download di sini





0 komentar :

Posting Komentar